Like Box

Senin, 13 Maret 2017

Rumput Laut Makanan Yang Sangat Kaya Protein

Agen Poker

Para ahli dari Teagasc, Institusi Pertanian dan Bahan Pangan di Irlandia, tengah meneliti khasiat rumput laut yang sering digunakan sebagai bahan pangan. Memang selama ini, banyak negara-negara di Asia, khususnya daerah pesisir, yang memanfaatkan rumput laut sebagai salah satu makanan.

Namun, apakah benar rumput laut baik bagi kesehatan?
Peneliti menyebutkan kalau rumput laut merah Palmaria palmata (disebut juga dengan dulse) dan Porphyra (nori) memang berprotein tinggi. Bahkan nutrisinya bisa dibilang hampir sama seperti protein pada kacang kedelai.

Secara detail, kandungan protein pada dulse bervariasi antara 9-25 persen (tergantung pada masa panen). Sementara protein tertinggi pada nori didapat jika panen dilakukan sekitar musim dingin (Oktober-Januari).
Rumput Laut Makanan Yang Sangat Kaya Protein

Selain protein, asam amino juga terkandung pada dulse. Kalau di dalam nori, asam amino tersebut dilaporkan kadarnya sama seperti pada kacang polong atau kacang biasa.

Agen Domino

Lantas apa khasiat utama rumput laut bagi kesehatan?
Peneliti menyatakan kalau rumput laut memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa pada tubuh. Mereka menyebutkan, protein dan peptida yang biasanya ditemukan pada susu, telur, daging, dan ikan adalah agen terbaik dalam memerangi tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Sehingga, rumput laut pun diduga memiliki khasiat yang sama seperti makanan tersebut. Secara keseluruhan, rumput laut bisa dibilang sebagai makanan pelindung jantung.

"Analisis yang kami lakukan adalah produk roti yang terbuat dari nori. Efek protein dari rumput laut itu pun tengah kami teliti lebih dalam," tutur peneliti Dr Maria Hayes.

Selain membuktikan bahwa rumput laut memang layak dijadikan alternatif sumber protein tubuh, ada tujuan lain di balik penelitian ini. Sebab jika benar rumput laut memang bernutrisi tinggi, peneliti berharap perusahaan makanan akan menciptakan produk yang baru, bergizi, dan berasal dari bahan bioaktif yang ramah lingkungan.



0 komentar:

Posting Komentar