Like Box

Senin, 06 Maret 2017

Cara Hilangkan Rasa Getir Pada Sayuran Pahit

Agen Poker Terpercaya

Suka makan pare dan daun pepaya? Kedua jenis sayuran ini memang lezat di lidah jika pintar mengolahnya. Selain itu pare, daun pepaya, dan sejumlah sayuran pahit lainnya mengandung banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Tetapi mengolah pare dan sayuran pahit lain di rumah tentu lain ceritanya. Biasanya kita enggan memasak sayur-sayur sehat ini karena tidak tahu bagaimana cara menghilangkan rasa getirnya.

Untuk itulah, silakan simak tips untuk menghilangkan rasa getir berlebihan pada sayuran pahit.
Cara Hilangkan Rasa Getir Pada Sayuran Pahit

Pare
Sayuran renyah dengan permukaan bergerigi ini memang getirnya bukan main. Tetapi ada beberapa cara untuk mengurangi rasa pahit pada pare. Belah pare, buang bijinya dan iris-iris tipis. Setelah itu remas-remas irisan pare dengan garam kasar sampai lemas. Lakukan selama beberapa menit sampai cairan pahit pare keluar. Setelah itu bilas pare dan masak sesuai selera. Selain menggunakan garam, gula pasir juga bisa dimanfaatkan untuk menetralkan rasa pahit pare. Caranya sama saja dengan metode di atas. Remas-remas potongan pare dengan gula, kemudian bilas. Rebus irisan pare dengan beberapa lembar daun jambu biji. Rasa sepat dan kesat pada daun jambu akan membantu menetralkan pahitnya pare.

Daun pepaya
Daun pepaya juga memiliki cita rasa yang pahit. Namun tak jarang kita menjumpai tumis atau buntil daun pepaya yang sama sekali tak terasa pahitnya. Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Remas-remas daun pepaya dengan garam sampai lemas. Setelah itu rebus hingga setengah matang. Tiriskan dan ganti air rebusan dengan yang baru, kemudian rebus kembali hingga matang namun tidak lembek. Rebus daun pepaya dengan ampo (tanah liat yang bisa dimakan, bisa dijumpai di pasar tradisional) dan baking powder yang berfungsi menyerap dan menetralkan rasa pahit daun pepaya. Tak ada ampo? Tak masalah, cukup rebus daun pepaya dengan segenggam daun jambu biji. Setelah itu cuci kembali dan masak sesuai selera.
Merebus sayuran harum seperti kenikir dan beluntas juga bisa membantu menetralkan rasa pahit daun pepaya. Begitu juga dengan merebusnya bersama daun singkong.

Agen Domino Terpercaya

Timun
Kadang mendapatkan potongan timun yang pahit pada lalapan? Berarti cara memotongnya yang salah. Untuk mencegah agar timun tidak pahit, potong kedua bagian ujung timun terlebih dahulu. Gunakan potongan tadi untuk menggosok bagian ujung yang sudah teriris dengan gerakan melingkar sampai keluar getah putih. Cuci timun dengan air mengalir, kemudian kupas seperti biasa.

Leunca
Leunca atau pokak juga memiliki rasa pahit dan langu. Namun justru di situlah letak kelezatannya. Karena itulah, menghilangkan pahit leunca akan mengurangi cita rasa sayuran tersebut. Cara terbaik untuk mengolah leunca adalah memasaknya dengan bumbu yang memiliki rasa tajam. Padukan leunca dengan ikan teri, sambal terasi, atau oncom untuk mengalahkan rasa pahitnya.

Itulah beberapa tips dan trik untuk mengolah sayur-sayuran pahit di rumah. Silakan buktikan sendiri.



0 komentar:

Posting Komentar