Like Box

Selasa, 14 Februari 2017

Ternyata Berita Mengenai AS Bebaskan Visa Asia Hanyalah Hoax

Agen Poker Terbaik

Usai penangguhan perintah eksekutif yang dikeluarkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, warga dari tujuh negara muslim yang dilarang masuk ke AS berbondong-bondong kembali ke Negeri Paman Sam tersebut.

Di tengah ramainya para imigran kembali ke AS, muncul berita bahwa Trump mengeluarkan kebijakan bagi seluruh warga Asia untuk bebas masuk ke negaranya tanpa visa. Hal ini tentunya menjadi perbincangan ramai di tengah masyarakat.

Namun, merdeka.com, Kamis (9/2) ingin mengklarifikasi isu tersebut tidak benar. Dari penelusuran di situs Kedutaan Besar AS di Indonesia, tidak ada pemberitahuan yang mengatakan masyarakat Indonesia, yang notabene dari Benua Asia, boleh masuk langsung ke wilayah AS tanpa visa.

Malah, situs tersebut menawarkan pengajuan visa imigran dan non-imigran.
Ternyata Berita Mengenai AS Bebaskan Visa Asia Hanyalah Hoax

"Tujuan perjalanan Anda dimaksudkan dan fakta lain akan menentukan jenis visa diperlukan di bawah hukum imigrasi AS. Sebagai pemohon visa, Anda akan perlu untuk membuktikan bahwa Anda memenuhi semua persyaratan untuk menerima kategori visa yang Anda lamar," demikian dikutip dari situs id.usembassy.gov.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr, usai ditemui di Kementerian Agama beberapa waktu lalu. Donovan menyebutkan setelah adanya penangguhan perintah eksekutif, proses visa untuk pengungsi akan diproses kembali.

Agen Domino Terbaik

"Terkait perkembangan terakhir executive order kami, sekarang sedang di sistem pengadilan, tapi proses visa untuk pengungsi akan dilanjutkan lagi, dan juga kami akan melanjutkan proses para pengunjung bagi negara-negara terkait itu, untuk bisa masuk ke AS selama mereka memiliki visa AS yang masih resmi," tuturnya.

Hal senada juga disebutkan dalam situs Kementerian Luar Negeri AS. Tidak ada sama sekali pemberitahuan bebas visa bagi warga Asia, malahan, ada perintah pengajuan visa untuk pelancong dan bisnis.

Sebelumnya beredar luas di sosial media, Donald Trump mengeluarkan kebijakan bebas visa bagi warga Asia. Kebijakan ini, disebut dikeluarkan usai penangguhan perintah eksekutif bagi para pengungsi dan warga pemegang visa tujuh negara yang dilarang, seperti Iran, Irak, Suriah, Sudan, Libya, Somalia dan Yaman.

Dalam kebijakan itu disebutkan kalau para pemegang paspor Asia boleh masuk ke AS tanpa visa dan tinggal selama 180 hari. Namun, lewat dari batas waktu yang ditentukan, para pemegang paspor Asia yang masih di AS wajib membuat visa perjalanan atau bekerja.



0 komentar:

Posting Komentar